Tiga Mitos Tentang Timbulnya Jerawat dan Kebenarannya


Mitos-mitos di dunia kecantikan banyak berkembang di masyarakat. Namun tak sedikit pula mitos yang tidak terbukti kebenarannya. Berikut tiga mitos mengenai timbulnya jerawat serta kebenarannya.

Dikutip dari Genius Beauty, kebenaran ketiga mitos diungkap. Berikut penjelasannya.

"Jerawat timbul karena kulit kotor" -> Fakta.
Kotoran yang dibiarkan menempel di pori-pori kulit memang terbukti dapat menimbulkan masalah kulit termasuk jerawat. Oleh karena itu, biasakanlah mencuci muka dengan sabun yang sesuai jenis kulit dua kali sehari.

"Makanan berlemak timbulkan jerawat" -> Mitos.
Seringkali kita menghindari makanan berlemak dengan alasan takut berjerawat. Padahal belum ada penelitian yang membuktikan hal itu. Jika dilihat secara kasat mata, orang yang mengalami obesitas (memiliki massa lemak yang banyak di tubuhnya) tak kemudian memiliki jerawat lebih banyak daripada mereka yang memiliki berat badan normal. Oleh karena itu dapat disimpulkan, makanan berlemak tak secara langsung memengaruhi timbulnya jerawat di tubuh.

"Sinar Ultraviolet (UV) dapat menghilangkan jerawat" -> Mitos.
Sinar UV dapat membuat jerawat di kulit mengering dengan cepat, namun tak menghilangkannya. Saat kelembapan alami kulit kembali, maka jerawat itu akan kembali terlihat dan meradang. Selain itu, jika kulit terkena sinar UV berlebihan, justru masalah lain akan timbul, misalnya flek hitam dan penuaan dini pada kulit.

By Ayu Kinanti @Yahoo.com


Pembaca Juga Membaca Ini



No comments:

Post a Comment

Web Admin