Tampil Memukan Saat Traveling Dengan Wardah, Kosmetik Halal Andalanku

Perempuan dan kecantikan, bagaikan dua sisi telapak tangan yang tak terpisahkan satu dengan lainnya. Keinginan untuk tampil cantik sepertinya memang fitrah yang telah Allah tetapkan pada semua perempuan dimuka bumi ini. Fitrah tersebut bukanlah hal yang aneh mengingat Allah itu indah dan mencintai keindahan.  Imam Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan, “Keindahan Allah Azza wa Jalla ada empat tingkatan; Pertama: keindahan dzat, kedua: keindahan sifat, ketiga: keindahan perbuatan dan keempat: keindahan nama. Atas dasar itu, semua nama Allah Azza wa Jalla Maha Indah, seluruh sifat-Nya Maha Sempurna, dan semua perbuatan-Nya mengandung hikmah, kemaslahatan (kebaikan) dan keadilan serta rahmat (kasih-sayang). Ciptaan Allah yang bernama perempuan ini begitu lembut, indah, dan sempurna. Apabila Allah begitu indah, tentulah kita sebagai mahluk Nya menginginkan keindahan itu juga terpancar dalam pribadi kita pula.

Kita tentu mengenal beberapa perempuan yang hingga kini termahsyur karena kecantikannya. Sebutlah Ratu Bilqis, Cleopatra,  Ratu Zulaikha, bahkan Ratu Helena, seorang Ratu yang dikenal dengan sebutan” le femme fatale” atau perempuan dengan kecantikan mematikan (dapet bocran dari nonton film Troy nih) yang  hingga saat ini masih dikenal karena kecantikannya yang luar biasa memukau. Kecantikan yang melegenda dan tak terlupakan inilah yang tentunya ingin sekali diraih oleh sebagian besar perempuan didunia ini.
Indonesia memandang perempuan cantik adalah perempuan yang tinggi, langsing, dengan kulit putih mulus, dan rambut lurus, tapi gimana ya standar cantik dibelahan bumi lainnya? Yuk kita melancong ke beberapa negara untuk belajar mengenai definisi kecantikan disana.
1.      Amerika Serikat
Di AS, beberapa selebriti menjadi patokan perempuan cantik, seperti Jennifer Lopez, Anne Hatheway, Tyra Banks, dan lain-lain. Biasanya, seorang perempun akan dianggap cantik dan sempurna jika memiliki kulit mulus yang flawless, tubuh tinggi, sexy bak gitar spanyol, rambut indah tergerai. Yang pasti, penduduk Amerika Serikat meyakini kecantikan itu bisa dibuat. 
2.      Thailand
Seperti kebanyakan negara di Asia Tenggara, perempuan berkulit putih juga menjadi ciri utama kecantikan di Thailand. Jadi tak mengherankan jika sebagian kosmetik yang beredar disana menggunakan zat pemutih.
3.      Mauritania
Negara Mauritania ternyata sangat menghormati perempuan bertubuh gemuk. Tubuh   gemuk biasanya jadi musuh kebanyakan wanita, tapi di sana tubuh gemuk jadi ciri perempuan cantik. Semakin gemuk perempuan itu semakin disukai oleh para pria. Yuk ah kita pindah ke Mauritania, secara badan bohay begindang ;)
4.       Korea Selatan
Seperti kebayakan artis yang memiliki kulit halus dan mata bulat dibanyak drama Korea, itulah ciri perempuan cantik versi mereka. Saking ingin terlihat cantik, tak sedikit perempuan Korea Selatan yang melakukan operasi plastik. Operasi plastic bahkan kini menjadi alternative hadiah kelulusan seorang anak dari orang tuanya, hadeeuuhhh.
5.      Prancis
Negara ini menganggap perempuan dengan kecantikan alami adalah segala-galanya. Tak heran jika kebanyakan dari mereka tidak menggunakan banyak make up untuk berhias. Perempuan Prancis ternyata lebih memilih kosmetik dengan bahan dasar alami lho

Nah menurutmu perempuan negara manakah yang paling cantik? Semua perempuan tentunya cantik ya, apalagi akyu hehehe (narsisakut), tapi ternyata survey membuktikan perempuan Arab Saudi yang jadi pemenangnya. Kok bisa ya? hasil penelitian dari Clinique La Prairie membuktikan bahwa perempuan Arab lah yang paling cantik. Mengapa? Karena mereka gemar makan kurma yang ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Mereka juga senang menggunakan kosmetik yang mengandung minyak zaitun, madu, dan susu untuk merawat kecantikan mereka. Kebiasaan perempuan Arab menutup tubuhnya dan bijak dalam memilih kosmetik ternyata membuat mereka memiliki kulit sehat dan cantik dibandingkan perempuan dari negara lain. Tuh kan…. Terbukti perintah Allah menutup tubuh kita dengan jilbab ternyata justru membuat muslimah semakin cantik lohh. 


Cantik Menurut Sudut Pandang Islam
bagaimana sudut pandang Islam mengenai kecantikan seorang perempuan? Islam tidak mempunyai kriteria khusus mengenai kecantikan perempuan, namun demikian Islam punya rambu-rambu yang wajib dijalankan oleh semua muslimah yang telah baligh. Beberapa surat Al Quran pun Allah telah dengan tegas memberi peringatan kepada muslimah, salah satunya ada dalam ayat berikut ini:

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”.(QS. al-Ahzab [33]: 59)
Selain menutup aurat, ada baiknya bila kita mensyukuri karunia Allah (atas tubuh dan wajah cantik) dengan cara merawatnya dan bukan mengubahnya. Begitu banyak kosmetik dijual dipasaran saat ini tapi yakinkah kita semuanya sudah halal??? Semasa kuliah dulu aku adalah pelanggan setia sebuah klinik kecantikan. Kesetiaan hati ini seketika berbalik saat aku mengetahui banyak produk kosmetik yang nggak halal. Klinik kecantikan ini setauku juga belum ada label halalnya, apalagi pemiliknya adalah non muslim. Daripada khawatir lantaran memakai kosmetik yang berbahan haram atau kosmetik waterproof, atau lebih parah lagi gimana kalau shalatku nggak diterima?  Allah sudah sangat jelas mengatur perkara ini, seperti dalam ayat ini:
 “Hai sekalian manusia! Makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi,dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (QS. al-Baqarah [2]: 168)

Sebetulnya apa yang diharamkan Allah sangat sedikit dibandingkan yang dihalalkan, namun kecanggihan teknologi saat inilah yang membuat aneka produk dengan segala turunannya menjadikan sebuah produk diragukan kehalalannya. Apakah kita rela kehilangan 40 hari amalan hanya demi kosmetik? Halal/haram adalah perkara penting dalam Islam. Sebagai muslim yang baik, kita harus berpegang teguh pada aturan Allah, termasuk urusan halal/haram. Aku menganggap serius urusan ini. Motoku saat ini adalah “Halal is my life.” 

Cantik + Syar’i, Cuma Wardah yang bisa

kosmetik andalanku disegala suasana
Setelah mencari informasi mengenai kosmetik halal kesana kemari, pilihanku jatuh pada Wardah. Ada tiga komponen utama, yang menjadi kriteria kosmetik halal, legalitas produk (dibuktikan dengan kode nomor pendaftaran di BPOM), daftar komposisi bahan (mengenai bahan yang terkandung dalam produk), serta nama dan alamat produsen (sehingga konsumen dapat mencari informasi yang jelas secara langsung). Alhamdhulilah Wardah sudah memenuhi semua kriterianya. Wardah jelas sudah terdaftar di BPOM, bahan bakunya pun insyaallah terjamin kehalalannya karena dibuat dengan bahan-bahan alami, seperti ekstrak tumbuhan.  Apabila kita ingin mencari informasi lebih detail mengenai produk Wardah, tinggal berkunjung ke website resminya aja,sip kan. Dari website resmi Wardah ini pulalah aku tahu kalau Wardah itu adalahkosmetik halal pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat dari MUI.
Bahan baku kosmetik Wardah yang natural ternyata sangat cocok dikulitku. Alhamdhulilah sejak menggunakan Wardah wajahku terlihat bersih dan cantik (ehm..ehm…). Nggak perlu make up setebal tembok China, cukup dengan sedikit sentuhan Wardah, everything is perfect!! 

Tips Cantik ala Momtraveler
Seperti biasa kalau udah masuk keranah blog, isinya pasti nggak jauh dari traveling hehehe… Nah terus apa hubungannya kosmetik sama traveling? Hubungannya baik dan erat sekali, terutama buatku. Hobby traveling tidak membuatku lupa merawat diri. Bagiku merawat diri adalah bagian dari rasa syukur pada Allah atas segala karunianya. Semakin sering aku traveling, semakin aku mencintai Allah, karena aku berkesempatan melihat sendiri begitu banyak kebesaran Nya. Tetap tampil cantik dan fresh saat traveling akan membuatku makin bersemangat dan tentunya orang lain pun akan senang melihatnya, terutama suamiku dong. ;)
Membawa kosmetik saat traveling kadang cukup menyulitkan. Peraturan maskapai penerbangan mengenai benda berbahan cair serta alasan ribet waktu packing mengharuskanku menyeleksi beberapa kosmetik untuk dibawa. Perempuan dimanapun dia berada pastilah ingin tampil cantik, apalagi kalau traveling. Jalan ketempat yang indah, pasti dong pengen mengabadikannya dalam foto yang keren. Cantik dalam definisiku nggak harus tampil dengan full make up tapi sesua dengan suasana aja. Ajaib juga kalo membayangkan ribet nata bulu mata cendrawasih yang cetar membhahana padahal kita harus hiking atau nyebur dipantai?  Nah berhubung blog ini spesialisasinya soal traveling, dipostingan kali ini aku mau berbagi tips cantik saat traveling. Meskipun aku bukan cosmetic expert, tapi izinkanlah emak cantik ini share sedikit tips dalamblog keceku tentang cara tampil cantik saat traveling.
1.      Be natural
Saat traveling tampilah alami dengan sapuan kosmetik yang lembut dan netral. Caranya simple aja kok. Pertama, bersihkan wajah sebelum bermake up, boleh pakai sabun wajah, atau pembersih dan penyegar. Setelah itu oleskan pelembab wajah, tambahkan juga sunblock. Lebih sip lagi kalau pelembabnya sudah ada sunbloknya. Aku nge fans berat sama Wardah whitening series, krim paginya punya kandungan lengkap dan nggak bikin berminyak. Pelembab selesai, tinggal sapukan bedak aja. Untuk bedak pilihanku jatuh pada bedak padat. Selain praktis, bedak padat juga bikin wajah lebih kinclong dan bisa di touch up anytime. Sedikit blush on akan membuat wajah lebih cerah lho, boleh lah ditambahkan juga. Jangan lupa lispticknya ya, sesuaikan dengan warna jilbab dan baju biar serasi dan enak diliat.
Ada tips penting nih, sebelum mengakhiri hari yang indah bersihkan wajah dan pakailah krim malam. Kulit wajah juga butuh istirahat setelah seharian bersenang-senang. 
2.      Be yourself
Sekian banyak model baju dan jilbab saat ini sangat menunjang penampilan para muslimah. Saat semua orang heboh mengikuti trend hijab saat ini, aku tetap memilih menjadi diriku sendiri. Ngikutin trend yang ada itu bagus juga, asal nggak mendholimi diri sendiri. Kalau emang nggak cocok dan nggak sesuai dihati ya nggak usah maksa. Semakin kita maksa mengikuti trend yang nggak pas dihati dan bikin nggak pede, semakin berkuranglah kecantikan kita.
Meskipun saat ini lagi trend pake make up warna terang (biru, hijau,dll) kalau kita merasa nggak cocok dan lebih suka yang soft, nggak perlu memaksakan diri. Make up ringan dan natural justru terlihat lebih anggun lho. Wardah juga punya warna-warna pastel yang lembut tapi tetap terlihat anggun. Kalau Aku memilih tampil simple dan casual dengan make up natural dipadu dengan kaos atau blouse, jeans, jilbab paris, dan flat shoes baik dalam keseharian dan saat traveling. The point is; Just be yourself and be proud of who you are and what you look. You are beautiful no matter what they say. Ada yang bilang jelek?? Lempar sandal, xixiixix….
3.      Mix and Match
Saat traveling kita nggak bisa bawa bermacam-macam barang, salah-salah yang ada malah over baggage. So mari kita seleksi barang bawaan kita. Bawalah celana atau rok dengan warna netral (hitam, jeans, abu-abu, coklat, kakhi), tujuannya supaya bisa kita menerapkan ilmu mix and match. Cukup bawa 2-3 celana dan 5-6 baju untuk perjalanan 7-10 hari. Dengan ilmu mix and match kita tetep bisa tampi trendi kok. Sama halnya dengan tas dan sepatu, pilihlah warna netral supaya cocok dipakai dengan kostum warna apapun. Pilih sepatu yang nyaman dipakai dan model tas yang simple, lebih enak yang besar supaya bisa muat banyak barang hehehe. Ingat yahh, nggak matching dari kepala sampai kaki bukan berarti akhir dunia kok, trust me!! 
4.     Stay Fit
Saatnya traveling bukan berarti kita absen menjaga diri. Bawalah selalu air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan lotion supaya kulit nggak kering. Cobain deh body butter dari Wardah. Meskipun awalnya terkesan lengket (karena kaya akan moisturizer), wanginya juga seger dan tahan lama, bahkan setelaheharian beraktivitas dan terkena air wudhu, wanginya tetep bertahan. Kalau yang punya kulit kering silakan coba varian Olive, denger-denger sih ampuh banget mengatasi kulit kering. Aku sendiri paling suka yang Milk and Pearl karena baunya manis banget, kaya aku gitu dehh hehhe.
5.     
 Never Abandoned Your Obligation
Dimanapun kita, jangan sampai meninggalkan kewajiban shalat. Berwudhu dengan benar akan membuat wajah kita segar setelah seharian beraktivitas. Percaya deh orang yang tidak pernah meninggalkan shalatnya akan terlihat lebih cantik dan menarik.

See… tampil cantik saat traveling itu sama sekali nggak sulit kok. Asal ada Wardah dalam tasmu, insyaallah semuanya aman terkendali. Dengan kosmetik halal dan rasa percaya diri yang tinggi, kita akan selalu merasa cantik dan nyaman dimanapun berada. Pack your cosmetic into your back and explore the wonders of the world. Happy traveling. 


Pembaca Juga Membaca Ini



No comments:

Post a Comment

Web Admin